Minggu, 06 Agustus 2017

Memunculkan Opsi Ringtone dan Font pada Aplikasi Themes MIUI 8 Global


Salah satu alasan yang membuat saya enggan memasang ROM China pada ponsel Xiaomi saya adalah karena ROM tersebut dipenuhi banyak iklan atau tawaran-tawaran dalam Bahasa mandarin dan juga terdapat beberapa aplikasi-aplikasi dalam Bahasa mandarin yang bahkan ada yang tidak bisa di-uninstall. Namun ROM China juga memiliki beberapa keunggulan seperti adanya fitur "Search" pada Notification center, opsi untuk mengganti font pada aplikasi Themes, dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu saya sedang membetulkan ponsel Redmi Note 3 Pro saya yang opsi prefer 4G nya hilang karena update ke MIUI 8 Global. Salah satu cara yang dapat digunakan tanpa melakukan root terlebih dahulu adalah dengan mengganti lokasi Region pada ponsel. Saat sedang mencoba-coba, saya mengubah Region ponsel saya ke Negara India. Setelah beberapa saat, muncul beberapa aplikasi baru pada homescreen ponsel saya diantaranya adalah aplikasi Mi Community, Mi Store India, Amazon dan lain-lain. Namun yang membuat saya kaget adalah ketika saya membuka aplikasi Themes bawaan, terdapat fitur baru yang muncul yaitu opsi Ringtone dan Font.

Cara untuk mengubah Region ponsel kamu adalah dengan masuk ke Settings, kemudian pilih Additional Settings. Lalu pada opsi Region, klik dan pilih India. Setelah itu tunggu sampai proses loading selesai.

Ganti Region
Jika setelah mengubah Region menjadi India opsi ringtone dan font masih belum muncul pada aplikasi Themes kamu, kamu dapat melakukan clear data dan clear cache terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu Settings - Installed Apps. Pada tab All, klik ikon aplikasi Themes kemudian klik Clear data dan Clear cache. Setelah itu reboot ponsel kamu.

Clear data dan Clear Cache

Setelah reboot, coba cek kembali aplikasi Themes kamu. Akan muncul tab baru yaitu Ringtone dan Font. Sekarang kamu bias men-download ringtone dan font  yang tersedia di theme store Xiaomi. Kamu juga bisa download font dari sumber lain dan meng-import-nya dari aplikasi Themes.

Tab Ringtone dan Font

3 komentar: