Minggu, 13 November 2016

Mengatasi Taskbar Yang Menghilang di Windows

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya asik menyelam di internet tiba-tiba web browser yang saya gunakan menjadi tidak responsif. Waktu itu yang saya lakukan adalah membuka Task Manager dan menutup browser yang saya gunakan dengan paksa (end task). Tetapi masalah tidak selesai disitu, Taskbar windows saya juga menghilang.

Setelah saya dalami, menghilangnya Taskbar tersebut disebabkan karena explorer service ikut tertutup secara paksa bersamaan dengan browser yang sedang saya gunakan. Kala itu, saya hendak mendownload sesuatu dan browser menjadi tidak responsif saat jendela explorer muncul untuk memilih direktori dimana file akan disimpan. Menghilangnya Taskbar ini selain membuat kita tidak bisa mengakses Start Menu, juga menyebabkan Desktop menjadi blank berwarna hitam. Tombol Windows di keyboard pun menjadi tidak berfungsi. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi bagi pengguna Windows 10, hampir semua kontrol dan fitur-fitur hanya dapat diakses melalui Taskbar dan Start Menu.

Missing Taskbar
Bila anda mengalami hal yang sama, anda tidak perlu khawatir. Yang anda perlu lakukan adalah menjalankan explorer service untuk membuat Windows anda kembali normal.

Pertama anda perlu membuka Task Manager dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del dan pilih Task Manager.

Setelah halaman Task Manager terbuka, klik File - Run New Task. Langkah ini sebenarnya untuk menjalankan Run, karena saat explorer service tidak berjalan, anda tidak akan bisa menjalankan Run menggunakan Win + R atau mengakses Start Menu untuk mencarinya.

Task Manager Window
Pada texfield Open, ketikkan 'explorer' tanda tanda petik. Kemudian klik OK. Langkah ini bertujuan untuk menjalankan kembali explorer service yang tadinya berhenti.

Run Window
Dengan begini Taskbar anda akan muncul kembali dan Windows anda berjalan Normal.

Taskbar Returns
Cara ini sebenarnya juga dapat digunakan pada Windows 7 dan Windows 8. Penyebab masalah ini bias bervariasi. Kebetulan saya mengalaminya ketika tidak sengaja menutup browser dengan paksa. Tapi selama masih bisa mengakses Task Manager anda tidak perlu sampai merestart komputer anda untuk menyelesaikan masalah ini.

0 comments:

Posting Komentar