Kamis, 09 Februari 2017

Instagram di Windows 10 PC


Beberapa waktu lalu saya sempat membuka-buka Windows Store di laptop saya untuk melihat-lihat sudah sejauh mana toko aplikasi bawaan Microsoft tersebut berkembang. Karena Microsoft sendiri telah menjalankan strategi universal apps dimana bila pengembang membangun aplikasi untuk Windows 10 maka aplikasi tersebut dapat berjalan untuk semua atau beberapa platform Windows 10 sekaligus.

Hasilnya, ternyata sudah lumayan banyak aplikasi-aplikasi ternama yang hadir di Windows Store, salah satu yang menjadi perhatian saya adalah Instagram. Saya pernah membahas aplikasi Instagram client alternatif untuk Windows 8.1 bernama Instapic, namun aplikasi yang satu ini adalah aplikasi buatan Instagram sendiri yang fitur-fiturnya sama dengan Instagram di smartphone.
Bila kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengunduhnya langsung dari Windows Store di laptop Windows 10 kamu. Ketikan saja "Instagram" pada kolom search. Setelah mengunduhnya, kamu bisa membuka aplikasinya melalui Start menu dan login dengan akun Instagram yang kamu punya.

Instagram Windows Store

#Kelebihan
Tampilan beranda dari aplikasinya sama persis dengan Instagram di smartphone android. Pada bagian bawah terdapat menu Home, Search, Notification, dan Profile. Di pojok kanan atas terdapat menu messages untuk mengirim pesan privat antar pengguna, sedangkan di pojok kiri atas terdapat menu untuk membuka kamera yang dapat mengakses langsung kamera depan laptopmu untuk mengambil gambar.

Halaman Beranda Instagram
Aplikasi Instagram ini juga mendukung fitur Story, yang pada halaman atas berandanya akan menampilkan Story dari akun-akun Instagram yang kamu follow. Juga sudah mensupport video, kamu bisa membuat dan melihat postingan video dari akun-akun pengguna lain. Selebihnya, fitur-fitur standar Instagram juga disematkan seperti dapat memberikan komentar, tap/klik 2 kali untuk menyukai foto, Boomerang dan lain-lainnya.

Fitur Kamera
Bila touchpad laptop kamu mendukung multitouch, kamu juga bisa menggunakan multitouch gesture untuk mengoperasikan aplikasi ini seperti scroll dengan dua jari dan berpindah dari menu satu ke menu yang lain.

#Kekurangan
Selain kelebihan-kelebihannya, menurut saya ada satu kekurangan dari aplikasi Instagram ini, yaitu tidak memiliki horizontal scroll pada story line di halaman beranda seperti pada versi android. Sehingga story dari akun teman kamu yang dapat kamu lihat hanya yang tertera disana saja, jumlahnya kurang lebih ada 6, bila kamu melebarkan jendela Instagram menjadi full screen kam
u bias melihat 9 story sekaligus namun kamu tidak bisa melihat story yang dibuat sebelum itu karena tidak terdapat fitur horizontal scroll.
Horizontal Scroll Story

0 comments:

Posting Komentar