Minggu, 22 Januari 2017

Membuat Notifikasi Aplikasi Selalu Muncul di Handphone Xiaomi


Bagi pengguna ponsel Xiaomi yang bingung karena notifikasi dari aplikasi kadang sering tidak muncul secara real time. Hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Seperti yang kita ketahui, ponsel Xiaomi didukung dengan android custom besutan Xiaomi sendiri yaitu MIUI. Dalam MIUI sendiri Xiaomi banyak menyematkan fitur salah satunya adalah membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di-background secara otomatis Namun tetap memberi hak pada user untuk dapat memilih aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk berjalan di-background.

Dengan adanya fitur ini, seringkali aplikasi-aplikasi media sosial diberhentikan secara otomatis sehingga tidak memunculkan notifikasi secara real time saat aplikasinya tidak sedang dibuka. Hasilnya saat kita membuka aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut langsung memberikan notifikasi-notifikasi yang sudah menumpuk. Untuk mengatasinya dapat digunakan 2 cara yaitu menggunakan aplikasi Security bawaan di MIUI untuk mengatur Autostart masing-masing aplikasi atau mengubah pengaturan App's Battery Usage.

#1 Setting Autostart di Aplikasi Security

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Security untuk mengatur Autostart permission pada aplikasi yang kita ingin dapat memberikan notifikasi secara real time.

Caranya, buka aplikasi Security di handphone Xiaomi mu. Kemudian pilih menu 'Permission'. Pada opsi berikutnya pilih 'Autostart'. Kemudian akan muncul semua aplikasi yang terinstall di handphone Xiaomi-mu. Pilih aplikasi yang kamu inginkan dapat memberi notifikasi secara real time dengan cara menggeser switch radio button disebelahnya.

Dengan cara ini, aplikasi yang sudah ditutup tetap bisa aktif lagi di background sehingga tetap bisa memberikan notifikasi secara real time. Disini saya menggunakan BBM sebagai contoh. Setelah memberi BBM permission untuk dapat Autostart, ikon terhubung BBM di notification bar tidak lagi sering menghilang seperti sebelumnya.



















#2 Setting App's Battery Usage

Cara yang kedua adalah dengan mengatur penggunaan baterai masing-masing aplikasi. Cara ini bertujuan agar saat MIUI sedang mengoptimasi penggunaan baterai dengan menutup beberapa aplikasi yang berjalan di background, sistem tidak menutup aplikasi yang kita inginkan.

Buka Setting lalu pilih 'Battery and performance'. Kemudian pilih 'Manage apps battery usage' lalu 'Choose apps'. Akan muncul aplikasi-aplikasi yang terinstall di handphone kamu. Pilih aplikasi yang kamu inginkan, akan muncul opsi 'Background Setting'.

Konfigurasi default yang digunakan adalah 'MIUI Battery saver', bila kamu ingin aplikasi tersebut tetap berjalan di background dan tidak ditutup secara otomatis oleh sistem pilih 'No restriction'. Saran saya gunakan cara ini pada aplikasi-aplikasi yang penting saja. Karena walaupun menggunakan konfigurasi default, cara nomor 1 cukup bisa membuat aplikasi memberikan notifikasi secara real time.


0 comments:

Posting Komentar