Sabtu, 05 September 2020

Disable Boot Otomatis Saat Membuka Lid Macbook


Pada macbook-macbook line up terbaru sejak 2016, Apple menyematkan fitur pintar yaitu mac akan otomatis menyala saat pertama kali lkita membuka laptopnya. Dalam beberapa kondisi fitur ini justru menyulitkan pengguna karena mac mereka otomatis menyala meskipun tidak berniat menyalakannya. Suatu ketika saya ingin membersihkan bagian sela-sela keyboard mac saya karena banyak kotoran remahan snack dan kerupuk. Namun saat membuka lid untuk membersihkannya mac langsung otomatis menyala dan membuat keyboard yang saya bersihkan kadang karakternya muncul pada field password bila tidak sengaja tertekan.

Namun sayangnya Apple tidak menyematkan konfigurasi untuk mematikan fitur ini dari system preferences. Sehingga untuk melakukannya kita perlu mengakses terminal. Untuk mendisable fitur ini, buka terminal dan ketikkan perintah :

sudo nvram AutoBoot=%00

Kemudian enter, dan kamu akan diminta untuk memasukkan password user administrator untuk bisa mengeksekusinya. Dengan begini, mac kamu tidak akan menyala secara otomatis saat kamu membuka lid-nya. Namun konfigurasi ini hanya tersimpan sementara, dan akan kembali seperti semula bila NVRAM mac kamu direset. Sedangkan untuk mengembalikan seperti semula kamu bisa menggunakan perintah :
sudo nvram AutoBoot=%03

Saya sarankan lebih baik untuk tetap menggunakan fitur autoboot ini, dan hanya mendisable nya jika ada keperluan untuk membersihkan atau mengecek bagian-bagian luar macbook mu. Karena script terminal di atas sebenarnya adalah perintah untuk men-shutdown kembali macbook mu saat awal booting, dan memulai booting kembali saat tombol power ditekan. Jadi lebih baik mendisable fitur ini saat ada perlunya saja.

0 comments:

Posting Komentar