Kamis, 02 Juli 2015

Setting Push Mail Pada Aplikasi Mail Windows 8.1

Setelah sekian lama tidak pernah memposting artikel, di waktu luang kali ini saya akan berbagi tips yang lumayan berguna untuk anda yang sering menggunakan email sebagai media untuk berkomunikasi. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pengguna komputer akan memakai web browser kesukaannya untuk mengecek email. Namun membuka email melalui browser memiliki beberapa kelemahan, misalnya pada saat koneksi lambat maka pesan baru di inbox tidak akan langsung muncul begitu saja, melainkan kita harus me-refresh-nya secara manual. Selain itu jika kita memiliki banyak akun dari server yang berbeda, kita harus membukanya satu persatu di tab yang berbeda.
Mail Apps

Disini saya akan berbagi cara dimana kita tidak perlu memakai web browser untuk menggunakan email. Khususnya bagi pengguna Windows 8/8.1. Pada Windows 8/8.1 terdapat software email bawaan pada saat instalasi yaitu Mail. Aplikasi mail ini sangat simpel namun sangat elegan. Kita dapat mengatur notifikasi bila ada email masuk maka akan muncul di notifikasi desktop kita. Fitur tersebut mirip dengan fitur push mail. Pada beberapa OS smartphone, sebenarnya ini bukan fitur yang baru namun pada android yang saya pakai notifikasi didapat dengan cara melakukan pengecekan pada inbox setiap 10 menit, sehingga memakan banyak resource dan kuota paket data karena harus mengakses server email setiap 10 menit. Namun disini, fitur push mail yang saya tekankan adalah notifikasi instan yang muncul seketika ada email baru masuk.

Baik, pertama kita buka aplikasi Mail bawaan di Windows 8/8.1. Bila aplikasi Mail tidak ada di Start Screen, klik saja tanda panah ke bawah pada Start Screen. Ini akan membuka menu "All Apps" yang terinstall di Windows 8/8.1 kamu, dan cari aplikasi Mail-nya.
Start Screen
Setelah aplikasi Mail terbuka, arahkan pointer ke pojok kanan atas sampai muncul Charm Bar khas Windows 8. Pada Charm Bar, klik menu Settings.
Charm Bar - Settings
Lalu pilih menu Accounts. Setelah itu akan muncul akun email apa saja yang telah terhubung dengan aplikasi Mail. Bila anda belum menghubungkan satu pun, klik saja Add an account dan ikuti petunjuk berikutnya. Saya memiliki 2 akun gmail yang tersinkron dengan aplikasi mail, yang satu saya beri insial "K" dan yang satu lagi "X". Disini saya kan menggunakan salah satu akun gmail saya sebagai percobaan yaitu "Gmail K". Klik pada akun yang ingin anda buat menjadi push mail.
Side Menu - Accounts
Setelah itu akan muncul opsi tambahan yang lebih spesifik. Disini klik menu Download new email dan pilih "As items arrive".
More Options
Dengan memilih opsi ini akan membuat aplikasi Mail mengecek server email dan memberikan notifikasi seketika jika ada email yang masuk pada akun anda. Sehingga anda tidak perlu melakukan refresh secara manual seperti jika anda menggunakan browser atau aplikasi email pada smartphone anda.
Live Tile - Mail Apps
Fitur ini sangat berguna bagi saya untuk memeriksa email masuk dari teman-teman kuliah. Dibandingkan menggunakan Outlook, aplikasi Mail jauh lebih simpel dan elegan. Meskipun Outlook memiliki lebih banyak fitur enterprise seperti integrasi dengan Kalender, tetapi untuk kebutuhan normal aplikasi Mail sudah mencukupi.

0 comments:

Posting Komentar