Rabu, 26 Agustus 2020

Mendisable Fitur Mac OS Gatekeeper

 

Gatekeeper merupakan salah satu fitur keamanan yang disematkan Apple pada Mac OS sejak Sierra. Fungsi Gatekeeper sendiri ialah untuk membatasi aplikasi yang dapat diinstall di Mac OS, terbatas hanya untuk aplikasi dari sumber atau developer yang terpercaya. Tak heran jika kita sering kali mengalami error atau warning yang membuat kita tidak bisa menginstall aplikasi di Mac kita hanya karena developer aplikasi tersebut tidak terdaftar secara resmi di Apple, padahal ada banyak aplikasi Mac diluar sana yang legit meskipun tidak berasal dari developer resmi yang terdaftar pada Apple.

Satu cara yang perlu kamu lakukan agar tetap dapat menginstall aplikasi yang dianggap tidak legit tersebut adalah dengan mendisable terlebih dahulu fitur Gatekeeper untuk sementara. Langkah pertama untuk memastikan apakah Gatekeeper masih aktif adalah melalui System Preferences - Security and Privacy. Pada bagian bawah tab General akan ada dua opsi pilihan pada menu "Allow apps downloaded from" yakni "Appstore" dan "Appstore and identified developers".
Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuka Terminal kemudian ketikkan :
sudo spctl --master-disable
Lalu enter dan masukkan password user Mac mu. 
Sekarang tutup jendela System preferences yang kamu buka di langkah pertama tadi. Kemudian buka kembali System preferences - Security and Privacy - pada tab General. Saat ini ada satu opsi tambahan lagi yaitu "Anywhere" pada menu "Allow apps downloaded from". 

Untuk bisa memilih opsi "Anywhere" tersebut kamu hanya perlu klik pada gambar Kunci Lock berwarna kuning di pojok kiri bawah, kemudian login dengan password user Mac kalian. Kemudian pilih "Anywhere". Dengan begini kalian sudah bisa menginstall aplikasi dari semua sumber. Namun saran saya meskipun bisa melakukannya, akan lebih baik lagi kalau kita melihat review pada aplikasi-aplikasi tersebut sebelum kita menginstallnya.
Saran saya setelah menginstall aplikasi yang diperlukan sebaiknya opsi tersebut lebih baik dikembalikan pada defaul-nya yakni "Appstore and indentified developers" saja. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan kembali Gatekeeper melalui terminal dengan perintah :
sudo spctl --master-enable
Dengan adanya fitur Gatekeeper ini, kedepannya kemungkinan besar Apple akan membatasi Mac untuk hanya bisa menginstall aplikasi dari Appstore saja seperti yang telah mereka lakukan pada platform iOS dan iPadOS, yang mana hal tersebut akan memaksa developer untuk mendaftarkan aplikasi-aplikasinya di Appstore. Sisi positifnya bagi pengguna adalah kita tidak perlu repot mencari aplikasi dari banyak sumber-sumber melalui web yang belum tentu legit. Namun bagi developer kecil-menengah mungkin hal ini akan mempersulit mereka karena Apple sendiri akan mengambil 30% profit dari aplikasi mereka baik aplikasi "one time payment" maupun "in-app purchase". Kebanyakan developer iOS pada umumnya menaikkan harga aplikasinya menjadi 130% agar mereka tetap mendapat 100% keuntungan dari aplikasinya, dan menutup profit 30% yang diambil oleh Apple dengan membebankannya pada pengguna. Itulah alasan mengapa harga aplikasi dan subscription di ekosistem Apple relatif lebih mahal dari ekosistem lain. Yah sekian dulu untuk kali ini.

Salam
🙏🏻

0 comments:

Posting Komentar